Selasa, 23 Juli 2024

Tim Yankes Bergerak Layani Ratusan Pasien di Pulau Raas Sumenep, Gubernur Khofifah: Wujud Program Jatim Sehat Untuk Semua SURABAYA, 18 SEPTEMBER 2023 Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (Yankes Bergerak) yang diterjunkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan merampungkan misi kesehatannya di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Sabtu (16/9)

18-09-2023 13:57:21
Tim Yankes Bergerak Layani Ratusan Pasien di Pulau Raas Sumenep, Gubernur Khofifah: Wujud Program Jatim Sehat Untuk Semua

SURABAYA, 18 SEPTEMBER 2023 Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (Yankes Bergerak) yang diterjunkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan merampungkan misi kesehatannya di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Sabtu (16/9). Tim ini telah bertugas selama 4 hari sejak Rabu (13/9).

Layanan kesehatan yang diberikan tim Yankes Bergerak ini dipusatkan di Puskesmas Raas dan Kapal Gandha Nusantara 1 yang merupakan dukungan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Untuk diketahui, Yankes Bergerak sudah dilakukan sejak tahun 2019 dan Pulau Raas merupakan tujuan ke-15. Sementara, untuk tahun 2023 Tim Yankes Bergerak telah diberangkatkan ke Pulau Sapudi (Juni 2023) dan Pulau Raas (September 2023). Dan yang akan datang Tim Yankes Bergerak akan diterjunkan ke Pulau Kangean antara akhir Oktober atau awal November, dan Pulau Gili pada November akhir.

Atas layanan tim Yankes Bergerak di Pulau Raas Sumenep ini, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan bahwa kehadirannya membawa misi mulia kemanusiaan. Yaitu, demi pemerataan layanan kesehatan di wilayah kepulauan terpencil yang kemudahan akses layanan kesehatannya tidak seperti warga di perkotaan.

"Indonesia memang negara kepulauan terbesar di dunia yang membuat beberapa daerah tidak mudah dijangkau. Tapi hak kesehatan adalah milik semua orang dan ini komitmen kami memberikan hak tersebut sampai ke kepulauan terpencil," kata Khofifah , Senin (18/9).

Menurut Khofifah, kehadiran tim Yankes Bergerak ini juga merupakan wujud Program Jatim Sehat yang tertuang pada Nawa Bhakti Satya. Dimana, akses kehehatan ini berlaku umum untuk semua warga Jawa Timur di manapun mereka berada.

"Layanan kesehatan akan diberikan kepada siapa saja, tidak mengenal di mana mereka tinggal," imbuhnya.

#khofifah#pengibatanmassal#pulausumenep
Jumlah Pengunjung: 643