Selasa, 23 Juli 2024

Menjelang Peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan tradisi Ziarah ke makam Gubernur Pertama Jawa Timur yaitu Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo atau yang akrab disapa Gubernur Soerjo

10-10-2023 11:25:24
Menjelang Peringatan Hari Jadi Ke-78 Provinsi Jawa Timur, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa melakukan tradisi Ziarah ke makam Gubernur Pertama Jawa Timur yaitu Raden Mas Tumenggung (RMT) Ario Soerjo atau yang akrab disapa Gubernur Soerjo.

Bersama Sekdaprov Jatim, dan para Kepala OPD Pemprov Jatim, Gubernur Khofifah memimpin langsung ziarah ke makam Gubernur Soerjo yang terletak di Jl. Salak, Kab. Magetan, Selasa (10/10).

Sebagaimana diketahui, Gubernur Soerjo menjabat sebagai Gubernur Jawa Timur pada periode tahun 1945-1948. Sebelumnya, beliau juga pernah menjabat sebagai Bupati Magetan dari tahun 1938 hingga tahun 1943. Selain itu, beliau juga merupakan Pahlawan Nasional.

Setibanya di kompleks makam sekitar pukul 08.30 WIB pagi, Gubernur Khofifah disambut Pj. Bupati Magetan dan Ketua DPRD Kabupaten Magetan, serta Forkopimda Kab. Magetan dan jajaran OPD Kab. Magetan. Tampak turut mengikuti ziarah yaitu keluarga besar almarhum Gubernur Soerjo.

Upacara ziarah tersebut berlangsung tertib dan khidmat dengan diawali pembacaan singkat perjuangan selama kepemimpinan Gubernur Soerjo. Selanjutnya, Gubernur Khofifah yang bertindak sebagai pimpinan ziarah memimpin prosesi penghormatan, mengheningkan cipta, peletakan karangan bunga, dan tabur bunga di makam Pahlawan Nasional ini.

Usai mengikuti seluruh rangkaian acara, Gubernur Khofifah mengatakan, upacara ziarah ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi ke-78 Provinsi Jawa Timur yang jatuh pada 12 Oktober mendatang.

Namun demikian, ia menegaskan ziarah ke makam RMT Ario Soerjo bukan hanya sebuah tradisi tapi merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan atas jasa pendahulu bangsa, khususnya yang ada di Jawa Timur. Ini penting, karena menurutnya, bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa menghargai dan menghormati para pahlawan bangsa.

"Hari ini kita melakukan ziarah ke makam Gubernur Jawa Timur pertama, beliau juga adalah seorang Pahlawan Nasional RMT Ario Soerjo bersama kawan-kawan dari Pemprov Jawa Timur dan tentu Forkopimda Kabupaten Magetan. Dan, tahun ini adalah tahun kelima saya bisa memimpin secara langsung ziarah ke makam Gubernur Soerjo," ungkapnya.

#hutjatim78#optimisjatimbangkit#hutke78
Jumlah Pengunjung: 1022