Selasa, 23 Juli 2024

Pemprov Jawa Timur kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, dengan berhasil meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen Tahun 2023 pada acara Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga oleh Kementerian Perdagangan RI di Bandung, Jumat (10/11)

13-11-2023 09:53:46
Pemprov Jawa Timur kembali menorehkan prestasi di tingkat nasional, dengan berhasil meraih penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen Tahun 2023 pada acara Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga oleh Kementerian Perdagangan RI di Bandung, Jumat (10/11).

Penghargaan berupa piala dan piagam tersebut diserahkan langsung oleh Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan kepada Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jatim Iwan yang mewakili Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa.

Sebagai informasi, penghargaan ini diberikan kepada Pemprov Jatim karena nilai Indeks Keberdayaan Konsumen (IKK) Jatim Tahun 2022 mencapai 55,40 yang berada diatas IKK Nasional 53,23 dengan kategori MAMPU. Yang artinya konsumen di Jatim telah mampu menggunakan hak dan kewajiban konsumen untuk menentukan pilihan terbaik termasuk menggunakan produk dalam negeri bagi diri dan lingkungannya.

Secara khusus, Gubernur Khofifah menyampaikan apresiasi dan mengaku bersyukur karena penghargaan ini menjadi kado istimewa tepat pada peringatan Hari Pahlawan. Menurutnya, ini menjadi bukti bahwa Pemprov Jatim berhasil menjaga komitmen untuk peduli terhadap konsumen.

"Alhamdulillah, Pemprov Jatim kembali menerima penghargaan sebagai Pemerintah Daerah Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen tahun ini, sekaligus menjadi kado spesial di Hari Pahlawan. Tentunya, ini juga menjadi bukti komitmen kami untuk terus memberikan perlindungan kepada para konsumen di Jatim," ujar Khofifah di Surabaya, Senen (13/11).

Khofifah menambahkan, penghargaan ini juga menjadi suntikan semangat bagi Pemprov Jatim untuk terus mendorong berbagai kegiatan pemberdayaan konsumen. Sehingga konsumen dapat menentukan pilihan terbaik saat melakukan transaksi perdagangan dan berani bersuara apabila haknya tidak terpenuhi dengan baik.

"Penghargaan ini menjadi penguat bagi Pemprov Jatim untuk terus secara aktif mendorong perjuangan hak konsumen disertai dengan berbagai kegiatan pemberdayaan konsumen," terangnya.

#konsumen#konsumenjatim#konsumenindonesia

@khofifah.ip @emildardak @jatimpemprov @kominfojatim @humasprovjatim
Jumlah Pengunjung: 690