Sabtu, 13 Juli 2024

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meraih penghargaan sebagai Tokoh Peduli Masyarakat Pesisir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI

14-11-2023 12:10:27
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meraih penghargaan sebagai Tokoh Peduli Masyarakat Pesisir dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono kepada Gubernur Khofifah yang diwakili Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jatim Muhammad Isa Anshori pada Puncak Bulan Cinta Laut 2023 di Taman Hiburan Pantai Kenjeran, Surabaya, beberapa hari lalu.

Penghargaan ini diberikan atas capaian Gubernur Khofifah dalam beberapa indikator. Antara lain jumlah wilayah pesisir terbanyak, kontribusi belanja pemerintah khususnya pada fokus pemberdayaan masyarakat pesisir dan pengelolaan wilayah laut dan pesisir.

Selain itu juga kegiatan pelestarian lingkungan laut dan pesisir yang menunjang perekonomian masyarakat pesisir, sampai jumlah sampah laut yang berhasil dikumpulkan.

"Alhamdulillah, terima kasih atas apresiasi yang luar biasa ini. Penghargaan ini saya persembahkan bagi seluruh masyarakat pesisir di Jatim, serta seluruh pihak yang ikut aktif dan peduli pada pemberdayaan dan pengelolaan wilayah pesisir," ungkap Gubernur Khofifah di Surabaya, Selasa (14/11).

Khofifah mengatakan bahwa pihaknya memang memberikan perhatian khusus pada masyarakat pesisir. Terlebih karena Jawa Timur memiliki perairan laut seluas 5,2 juta ha dengan 22 kabupaten/kota pesisir di bagian utara dan selatan serta Pulau Madura.

"Kita juga punya pesisir dengan panjang garis pantai 3.543,54 km dan jumlah pulau-pulau kecil sebanyak 504 pulau yang tiga di antaranya adalah pulau-pulau kecil terluar (PPKT). Maka dari itu, Jawa Timur punya banyak potensi dari sektor kelautan dan perikanan baik dari segi geografis, sumber daya alam, maupun sarana dan prasarana," urainya.

"Berbagai Potensi tersebut, menjadikan Jatim sebagai provinsi dengan produksi perikanan tangkap tertinggi secara nasional sebesar 598.317 ton. Sementara, produksi perikanan budidaya saat ini sebesar 1.314.043 ton dengan trend produksi yang meningkat setiap tahunnya," lanjutnya.

#masyarakatpesisir#pesisirjatim#pesisir

@khofifah.ip @emildardak @jatimpemprov @kominfojatim @humasprovjatim
Jumlah Pengunjung: 639