Selasa, 23 Juli 2024

Pemerintah Provinsi Jawa Timur menerima penghargaan "Inovasi Membangun Negeri 2023" pada kategori Inovasi Pelayanan Digital dari tvOne

03-12-2023 02:57:56
Pemerintah Provinsi Jawa Timur menerima penghargaan "Inovasi Membangun Negeri 2023" pada kategori Inovasi Pelayanan Digital dari tvOne.

Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Chief Executive Officer tvOne Taufan E. N. Rotorasiko kepada Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa di The Convergence Indonesia, Jakarta, Jumat (1/12) malam.

Penghargaan ini diperoleh atas prestasi Jawa Timur di bawah kepemimpinan Khofifah yang terbukti telah melakukan berbagai upaya terkait inovasi pelayanan publik berbasis IT. Yang mana, inovasi itu memiliki dampak signifikan terhadap kualitas layanan publik di masyarakat.

"Inovasi pelayanan digital ini memang suatu kebutuhan. Karena pelayanan publik akan lebih cepat, akurat, dan transparan dengan digital sistem," ujar Gubernur Khofifah saat menerima penghargaan.

Salah satu inovasi milik Pemprov Jatim, kata Khoffiah, adalah Jawa Timur Belanja Online (JATIM BEJO). Ini adalah optimalisasi pemanfaatan e-marketplace untuk pengadaan barang/jasa pemerintah di Jatim sebagai upaya peningkatan peran pelaku UMKM.

Inovasi lain yang dikembangkan Pemprov Jatim adalah Bus Trans Jatim. Di mana, transportasi publik ini tidak hanya mengandalkan penggunaan aplikasi online sebagai sarana pemesanan tapi juga artificial intelligence (AI) untuk memprediksi perjalanan.

"Dengan AI ini, akan ada laporan seperti kondisi lalu lintas dan perilaku sopir yang bermain hape atau mengantuk. Jadi kita bisa mengantisipasi apa yang akan terjadi di lapangan. Alhamdulillah, ini salah satu sistem transportasi paling canggih di Indonesia," katanya.

Saat ini, Trans Jatim masih memiliki tiga koridor rute. Namun, rute ini Insya Allah akan bertambah dua koridor lagi pada tahun depan.

Lebih jauh, Khofifah mengungkapkan fokus Jawa Timur pada tahun depan ialah mengembangkan industri manufaktur. Mengingat, industri manufaktur Jawa Timur telah mencapai 31,4 persen pada 2022 dan melampui prediksi manufaktur nasional tahun 2045 pada 30 persen.

#pelayanandigital#pelayanaterbaik#pelayananpemprovjatim

@khofifah.ip @emildardak @jatimpemprov @kominfojatim @humasprovjatim
Jumlah Pengunjung: 865