Jumat, 14 Juni 2024

Kepala Biro Perekonomian Prov. Jawa Timur Monitoring Program Korporasi Petani di Kab. Jombang

Chani - 11-01-2024 13:44:33

Selasa, 9 Januari 2024

Kepala Biro Perekonomian Prov. Jawa Timur melaksanakan kunjungan kerja dalam rangka Monitoring Program Korporasi Petani ke Koperasi Produsen Multipihak Sarana Agro Lestari Kab. Jombang.

Korporasi Petani merupakan manifestasi program Tanam Petik Olah Kemas Jual (TPOKJ) yang menjadi bagian dari Jatim Agro pada Nawa Bhakti Satya. 

Korporasi Petani adalah untuk meningkatkan kesejahteraan petani melalui peningkatan daya saing, value added dan nilai tawar petani. Selain itu, Korporasi Petani juga dapat memperkuat ketahanan pangan dan pengendalian inflasi daerah sehingga mencapai kedaulatan pangan.

Kelembagaan Korporasi Petani di Jawa Timur berbentuk Koperasi dengan kepemilikan mayoritas adalah Petani, sehingga dapat memberikan nilai tambah kesejahteraan petani. Koperasi Produsen Multipihak Sarana Agro Lestari di Kabupaten Jombang merupakan gabungan 10 Gapoktan (4.641 petani) dengan luas tanam padi 2.698,66 Ha/tahun, produksi padi sebesar 19.876,45 ton/tahun. 

Korporasi Petani juga mengembangkan Koperasi Simpan Pinjam untuk menjangkau akses pembiayaan para petani anggota Korporasi yang visible tetapi non bankable dengan bunga yang terjangkau sehingga dapat segera memenuhi kebutuhan pembiayaan agro input Petani.

Jumlah Pengunjung: 1266